Materi Ke-NU-an

Minggu, 18 Januari 2015

SOAL UTS GENAP KE-NU-AN KELAS XI 2013/2014

SOAL UTS GENAP KE-NU-AN
KELAS XI
2013/2014


1.      Aliran pemikiran yang senantiasa tegak di atas islam berdasarkan Quran dan Hadits yang sahih, dengan pemahaman para sahabat, tabiin dan tabi’i tabiin adalah gambaran dari aliran..
a.       Muktazilah
b.      Jabbariyah
c.       Ahlusunnah
d.      Syiah
e.       khowarij
2.      Istilah أهل السنة والجماعة,  awalnya merupakan nama bagi aliran ....
a.         Asy’ariyah dan Qodiriyah
b.         Asy’ariyah dan Jabariyah
c.         Asy’ariyah dan Maturidiyah
d.        Maturidiyah dan Qodariyah
e.         Murjiah dan Jabariyah
3.      Paham ahlusunnah adalah aliran yang timbul karena adanya reaksi terhadap paham muktazilah. Aliran muktazilah ini pertama kali disebarkan oleh ...
a.       Imam Ghozali
b.      Wasil bin Atho’
c.       Imam Asy’ari
d.      Al Ma’mun
e.       Al Wasiq
4.      Disebutkan dalam hadits Nabi bahwa kelak umat islam akan terpecah dalam 73 golongan, semua akan celaka kecuali satu golongan/firqah. Firqah tersebut adalah....
a.       Mereka yang berpegang pada pegangan Rosulallah saw dan para sahabat
b.      Mereka yang berpegang pada akal dan rasional
c.       Mereka yang selalu beribadah
d.      Mereka yang berjumlah paling banyak
e.       Mereka yang cinta duniawi
5.      Dalam menghadapi tantangan zaman, para pemuda NU telah membentuk suatu organisasi yang merupakan cermin dari ahlusunnah wal jamaah. Organisasi itu seperti ...
a.         Hizbul wathon
b.         IPNU-IPPNU
c.         Ikhwanul Muslimin
d.        Islam Jemaah
e.         JIL
6.      Berikut ini tantangan-tantangan yang harus dihadapi dalam pelestarian ajaran ahlusunnah wal jamaah, kecuali...
a.       Ahmadiyah
b.      HTI
c.       PKS
d.      Islam postra
e.       JIL
7.      Berbagai terobosan sudah dilakukan oleh kalangan kaum muda NU dengan menciptakan beberapa wacana-wacana yang diantaranya adalah ...
a.       Mathlaul anwar
b.      Post Tradisional/Islam Postra
c.       LDII
d.      Islam jemaah
e.       Aliran Lia Eden
8.      Yang menjadikan Islam Postra dan Islam Emansipatoris gagal dalam mempertahankan kajian mereka adalah, kecuali ...
a.       Nama mereka terdengar asing
b.      Metedologi yang mereka gunakan sulit diterapkan
c.       Pengikutnya adalah anak-anak santri
d.      Kurangnya sosialisasi dan transformasi
e.       Kajian yang dikaji tidak sesuai dengan kebutuhan
9.      Maksud dari  المحافظة على القديم الصالح adalah...
a.       Mengambil nilai baru yang lebih baik
b.      Menjaga norma lama yang baik
c.       Menjaga diri dengan sifat salih
d.      Mengambil sifat-sifat salih
e.       Meluruskan dengan sifat baik
10.  Ajaran aswaja agar tetap bertahan dan berkembang maka dibutuhkan beberapa ilmu diantaranya adalah, kecuali...
a.       Mengetahui makna ayat-ayat ahkam
b.      Mengetahui nasakh mansukh
c.       Mengetahui masalah-masalah ijmak dan tempat-tempatnya
d.      Mengetahui kitab kuning
e.       Mengetahui bahasa arab

الاجتهاد: بذل الجهد للوصول إلى الأحكام الشرعي من دليل تفصيلي من الأدلة الشرعية
11.  Kata yang bergaris bawah mempunyai arti ..
a.       Mencurahkan rasa
b.      Mencurahkan pikiran
c.       Mencurahkan hati
d.      Mencurahkan kesungguhan
e.       Mencurahkan kemampuan
12.  Penerapan suatu hukum syar’i pada suatu objek kasus disebut dengan ....
a.       Ijtihad     
b.      Qiyas       
c.       Ijma’
d.      Tanqihul manath
e.       Tahqiqul manath
13.  Dalam bidang teologis/aqidah, Ahlusunnah waljamaah mengikuti madzhab...
a.       Imam Syafi’i
b.      Imam Al Asy’ari dan Imam Al Maturidi
c.       Imam Junaidi dan Imam Ghozali
d.      Imam Hanafi dan Imam Malik
e.       Imam Hambali
14.  Dalam pendekatan historis Abdul Malik bin Marwan memunculkan konsep yang disebut ‘tarbi’ dalam khutbah jumah, maksud dari tarbi adalah ...
a.       Menghina para sahabat
b.      Mengulangi adzan
c.       Memakai tongkat ketika khutbah
d.      Menyebut empat nama sahabat; Abu Bakar, Umar, Ustman, dan Ali sebagai penghormatan
e.       Membaca QS. An Nahl 90 di ahir khutbah
15.  Contoh dari pendekatan kultural dibawah ini adalah, kecuali...
a.       Tahlilan
b.      Manaqiban
c.       Doa qunut
d.      Kliwonan
e.       Tarawih 20 rekaat
16.  Tiga pendekatan yang dilakukan untuk melestarikan paham aswaja adalah...
a.       Doktrinal, klasikal, kultural
b.      Kultural, historis, doktrinal
c.       Historis, klasikal, kultural
d.      Modernisasi, kultural, klasikal
e.       Modernisasi, kultural, historis
17.  Secara etimologi/bahasa, kata ‘bahsul’ mempunyai arti...
a.       Meneliti
b.      Menyaksikan
c.       Melihat
d.      Membidik
e.       Merespon
18.  Dibawah ini adalah contoh dari permasalahan ubudiyah adalah, kecuali...
a.       Sholat
b.      Zakat
c.       Puasa
d.      Haji
e.       Jual beli kitab
19.  Yang tidak termasuk fungsi bahsul masail adalah ...
a.       Sebagai ajang debat para kyai
b.      Sebagai forum pembahasan masalah yang beredar di masyarakat
c.       Sebagai forum mencari hukum
d.      Sebagai penjalin ukhwah islamiyah
e.       Sebagai cermin budaya syura dalam NU
20.  Dalam NU dikenal prinsip ‘al adl wal jur’ah’, yang berarti ...
a.       Bersikap toleran
b.      Adil dan menengahi
c.       Adil dan berani
d.      Harmonis dan adil
e.       Berani dan menengahi


Uraian:
1.      Sebutkan minimal 5 (lima) aliran/firqoh yang menjadi tantangan bagi NU dalam melestarikan aswaja!
Jelaskan maksud dari pendekatan kultural dalam melestarikan paham aswaja dan beri satu contohnya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar